468x60 Ads

ADS

Slider(Do not Edit Here!)

Membuat Blog di Blogspot

1. Apa itu Blog ?
Blog merupakan sigkatan dari “Web log” adalah salah satu aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web. Tulisan-tulisan tersebut seringkali diurut dari yang terbaru dan diikuti oleh yang lama.
Awalnya, blog dibuat adalah sebagai catatan pribadi yang disimpan secara online, namun kini isi dari sebuah blog sangat bervariatif ada yang berisi tutorial ( contoh blog ini ), curhat, bisnis dan lain sebagainya. Secara umum, blog tidak ada bedanya dengan situs yang ada di internet.
Flatform blog atau seringkali disebut juga dengan mesin blog dibuat sedemikian rupa oleh para designer blog agar mudah untuk digunakan. Dulu, untuk membuat aplikasi web diperlukan pengetahuan tentang pemrograman HTML, PHP, CSS dan lain sebagainya, dengan blog semuanya menjadi mudah semudah menyebut angka 1 2 3.

2. Cara membuat blog di blogspot
Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah  blogspot atau blogger, dimana ketika mendaptar adalah melalui situs blogger.com namun nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh : contohsaja.blogspot.com
Kenapa harus membuat blog di blogger.com bukan pada situs penyedia blog lainnya? Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan contohsaja.blogspot.com di ubah menjadi contohsaja.com,sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.
Perlu ditekankan dari awal bahwa internet itu sifatnya sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogspot ini akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat di blogger.com
Untuk mengurangi hal yang tidak perlu di tulis, berikut cara membuat blogger di blogger.com

Membuat Email
Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail. Jika anda belum paham bagaimana cara membuat email, silahkan gunakan mesin pencari google untuk mencari panduannya.








Daftar Blog di blogger

1.   Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
2.   Klik “Memulai” untuk membuat blog baru

3.      Masukan data utama pembuatan blogspot lalu klik “Lanjutkan” untuk menciptakan blogspot.



Di halaman ini anda akan ditanyakan beberapa pertanyaan diantaranya :
Email address : Isi dengan alamat lengkap email anda (nantinya akan
                           digunakan untuk login)
Retype Email Address : Tulis ulang alamat email anda
Enter a Password         : Isi dengan password yang anda kehendaki (minimal
                                         delapan karakter dapat berupa gabungan antara angka dan
                                          huruf)
Retype Password         : Tulis ulang password yang anda kehendaki.
Display Name              : Tulis nama yang anda kehendaki (akan ditampilkan
                                        dibawah postingan anda).
Word Verification      : Tulis huruf yang tampil pada gambar di dalam kotak yang
                                        disediakan.
Acceptance of Term   : Check list kotak kecil yang ada untuk menandakan anda
                                        setuju dengan persyaratan dalam penggunaan layanan jasa
                                        blog dari blogger.
Ketika anda sudah melakukan semua langkah diatas maka anda dapat melanjutkan
pendaftaran ke langkah selanjutnya dengan mengklik gambar panah yang bertuliskan continue.

4.      Penamaan Blog

Pada halaman ini anda diharuskan menamai blog anda;
Blog tittle               : Isi dengan nama yang dikehendaki (akan tampil pada header halaman blog anda)
Blog address URL : Isi dengan nama yang anda kehendaki, usahakan nama tersebut pendek dan gampang diingat agar mudah disebarkan dan dibuka oleh pengunjung halaman anda. Untuk mengecek apakah alamat yang anda inginkan tersedia anda dapat mengklik link check availability. Apabila alamat tersebut tidak tersedia maka akan muncul  kalimat this blog address is not available dan jika alamat blog tersebut tersedia dapat dipastikan seperti screenshot pada gambar di bawah ini dan anda dapat melanjutkan proses pendaftaran ke langkah selanjut dengan mengkliktanda panah bertuliskan continue.

5.      Memilih Template

Pada langkah ini anda akan diminta untuk memilih template yang tersedia terlebih dahulu
sebagai prasyarat. Anda dapat menggantinya nanti atau memodifikasinya dengan template gratis yang sesuai dengan selera anda. Pilih salah satu dan click tanda panah yang bertuliskan continue.





Selamat blog pertama atau kesekian milik anda sudah berhasil dibuat. Sebagaimana gambar dibawah, langkah terakhir yang akan membuat blog anda menjadi benar benar blog adalah posting. Istilah yang digunakan para blogger ketika memasukan artikel ke dalam blog. Klik kembali tanda panah bertuliskan continue untuk terakhir kalinya.



 

Label